Text
Jaringan saraf tiruan : teori dan aplikasi algoritma forecasting untuk bisnis
Untuk dapat memaksimalkan penjualan terhadap sebuah produk, ada banyak cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan forecasting sales atau peramalan penjualan. Sebagaimana namanya, peramalan penjualan tidak hanya digunakan untuk meramalkan seberapa banyak produk yang akan terjual dalam kurun masa tertentu, tetapi juga berapa banyak stok barang yang tersedia agar tidak menghasilkan kerugian bagi pihak produsen. Peramalan adalah seni dan ilmu memprediksi peristiwa-peristiwa yang akan terjadi dengan menggunakan data historis dan memproyeksikannya ke masa depan dengan beberapa bentuk mode matematis (Armi, dkk., 2019). Peramalan penjualan adalah aktivitas memperkirakan produk yang akan dijual pada masa mendatang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data yang pernah terjadi dan mungkin akan terjadi (Nafarin, 2007). Terdapat dua pendekatan untuk melakukan peramalan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif (Muqtadiroh, dkk., 2015). Metode peramalan kualitatif digunakan ketika data historis tidak tersedia, sementara metode peramalan kualitatif adalah metode subjektif (intuitif), peramalan yang menggabungkan faktor-faktor seperti intuisi pengambilan keputusan. emosi, pengalaman pribadi dan sistem nilai, serta informasi kualitatif. Dasar informasi ini dapat memprediksi kejadian- didasarkan kepada kejadian di masa yang akan datang yang membuat keakuratannya menjadi sangat subjektif.
2023189 | 003.2 HAS j c.1 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain